SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » » Kelas Disegel, Siswa Belajar di Lantai

Kelas Disegel, Siswa Belajar di Lantai

Written By Voice Of Baptist Papua on September 28, 2010 | 10:10 PM


kompas/ichwan susanto
siswa SD Inpres Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura Papua, Rabu (29/9), terpaksa melantai karena ruang kelas disegel pemilik ulayat setempat.

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ratusan siswa SD Inpres Kampung Harapan Distrik Sentani Timur di Kabupaten Jayapura Papua, Rabu (29/9), tidak dapat mengikuti belajar-mengajar dengan baik karena ruang kelasnya disegel pemilik ulayat setempat. Anak-anak kelas VI yang berjumlah sekitar 50 siswa terpaksa melantai diajar guru kelas karena tidak memiliki tempat belajar.

Pengamatan Kompas, siswa kelas 1,2, dan 3 yang masuk pagi belajar di dalam satu ruang kelas dan ruang perpustakaan. Sedangkan siswa kelas 6 belajar di lantai teras sekolah.

Sekolah ini pada 16 September lalu mulai dikelola oleh Universitas Pelita Harapan dari Pemkab Jayapura. Namun ternyata sekolah ini masih dilanda perselisihan masalah hak ulayat yang diklaim marga Ongge. Pemilik ulayat merampas kunci ruang kelas untuk melampiaskan tuntutannya.

J Situmorang, Kepala Sekolah SD Inpres Kampung Harapan dari Pelita Harapan, mengaku tidak tahu menahu soal permasalahan ulayat. "Kami operasional saja sedangkan aset tetap milik Pemda," ucap pria yang baru 3 bulan ini berada di Jayapura.

Permasalahan tanah ulayat di SD Inpres itu sebenarnya telah diselesaikan secara adat. Tetapi sejak beberapa waktu terakhir, pemilik ulayat mengajukan tuntutan karena merasa tanahnya belum diganti rugi. J Situmorang berharap permasalahan hak ulayat ini dapat diselesaikan sesegera mungkin agar siswa dapat belajar dengan baik.

Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger