SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , » Obama Diminta Selesaikan Masalah Freeport

Obama Diminta Selesaikan Masalah Freeport

Written By Voice Of Baptist Papua on November 8, 2010 | 9:43 PM

GM Hud. Dok: General Motor

TEMPO Interaktif, Jayapura - Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama rupanya menjadi tumpuan harapan banyak kalangan. Termasuk dalam menyelesaikan masalah kehadiran PT Freeport di tanah Papua. SOURCE

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di Papua yang meminta Presiden Obama agar ikut menyelesaikan masalah masuknya Freeport di Papua. Kehadiran perusahaan Amerika yang telah beroperasi di Papua sejak 1967 itu dinilai tidak melibatkan pemilik tanah.

“Kami sambut Obama ke Indonesia dengan catatan, Presiden AS itu harus jujur dan berani mengungkap pelanggaran HAM pada masa lalu dan pernah ada konspirasi dengan PBB, Belanda dan Indonesia untuk kepentingan ekonomi atas PT Freeport,” kata Matius Murib, Wakil Ketua Komnas HAM Papua di Jayapura, Selasa (9/11).

Menurutnya, pergolakan masa lalu, yang juga diketahui oleh Amerika Serikat, atas masuknya Papua ke Indonesia lewat Penentuan Pendapat Rakyat 1969, perlu juga diluruskan kembali oleh Obama. “Karena politik, Papua dipaksakan masuk ke dalam Indonesia pada Pepera, Obama harus mengakui kesalahan ini,” ujarnya.

Menurut Komisi HAM Papua, jika Amerika sudah mengakui khilaf dan bersalah atas masalah di Papua, solusi bagi Papua akan tercapai dengan sendirinya. “Mengakui kesalahan ini sebagai langkah rekonsiliasi masa depan yang damai bagi semua.”

Di Jayapura, kedatangan Obama disambut sejumlah warga dengan penuh sukacita. “Kami akan menyampaikan masalah Papua Barat, kami ingin bertemu dengan Obama,” kata Mako Tabuni, juru bicara Komite Nasional Papua Barat.

Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger