SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , » Vonis Pelaku Video Kekerasan Belum Adil

Vonis Pelaku Video Kekerasan Belum Adil

Written By Voice Of Baptist Papua on February 3, 2011 | 10:55 AM

JAYAPURA—Meski tiga anggota TNI terpidana video kekerasan terhadap warga sipil mengaku telah menerima putusan hakim dan mulai menjalani hukuman di rutan militer waena, namun tetap saja masih ada penilaian miring terhadap kasus tersebut. 

Ketua Kontras Papua Johanis Maturbongs SH menilai vonis bagi tiga TNI terpidana kasus video kekerasan yang digelar di Mahmil baru-baru ini, masih jauh dari rasa keadilan. Pasalnya, hukuman ketiganya masing-masing 10 bulan untuk Sersan Dua Riski Irwanto, 9 bulan untuk Prajurit Satu Yapson Agu, dan Prajurit Satu Thamrin Mahangiri divonis 8 bulan penjara potong masa tahanan terbilang ringan.Hal ini tidak sebanding dengan trauma yang dirasakan oleh mereka yang menjadi korban kekerasan.
Menurutnya, kasus-kasus pelanggaran yang terjadi ini mestinya disidangkan pada pengadilan umum maupun pengadilan HAM seperti yang diamanatkan Otsus.“Kalau pelanggaran HAM seperti ini disidang di Pengadilan Militer maka hasilnya tak maksimal. Dan itu sudah bisa ditebak,” ucap alumnus Fakultas Hukum Uncen ini. Ia mengakui selama ini yang terjadinya seperti itu, apalagi menyangkut kasus-kasus pelanggaran HAM yang lebih berat hasilnya tak jelas.
Menurutnya, ini juga menjadi tugas bagi Komnas HAM di Papua untuk lebih banyak bergerak agar kasus-kasus HAM yang ada bisa diangkat ke permukaan.
“Selama ini teman-teman di Komnas HAM di Papua belum maksimal, butuh kerja keras lagi memperjuangkan kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua,” ungkapnya.
Begitupun juga dengan pihak legislative agar melakukan upaya-upaya hingga terbentuknya pengadilan HAM di Papua.(rza/don/03)
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger