SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , » Tsunami Kiriman Tewaskan Warga Jayapura

Tsunami Kiriman Tewaskan Warga Jayapura

Written By Voice Of Baptist Papua on March 13, 2011 | 3:01 PM

JAYAPURA- Gempa bumi berkekuatan 8,9 pada skala Richter yang memicu tsunami pada Jumat (11/3) lalu di Jepang memakan banyak korban jiwa tak terkecuali di Papua. Gelombang tsunami kiriman dari Jepang ini pun sampai di Jayapura khususnya di daerah pantai Holtekamp, Distrik Muara Tami yang berjarak 75 Km dari pusat Kota Jayapura. 

Pantai Holtekamp yang berhadapan dengan laut lepas itu merusak hampir seluruh rumah  warga yang bermukim di pesisir pantai wisata Holtekamp. Puluhan perahu dan jaring milik nelayan juga ikut terseret gelombang tsunami sejauh radius 50 meter dari bibir pantai Holtekamp.Beruntung jaring dan perahu serta rumah milik warga itu tersangkut batang pohon besar di hutan sekitar pantai Holtekamp. Selain merusak rumah Warga, gelombang tsunami ini pun menerjang jembatan  Kali Buaya di poros Jalan Holtekam-Koya. Selain itu juga 1 orang warga  bernama Darwato Odang (32) pengusaha tambak ikan pun jadi korban dan meninggal dunia akibat di terjang gelombnag tsunami itu dan di temukan warga pukul 14.30 WIT jarak 50 meter dari pinggir jalan bibir pantai.

Sekertaris Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kota Jayapura, Yohanis Wemben, yang pada saat itu bersama tim  melakukan pemantauan dan pendataan, kepada Cenderawasih Pos (Group JPNN), mengatakan mengenai kerugian materil maupun korban jiwa pihaknya belum dapat memastikan tapi akan  terus memantau kondisi di beberapa wilayah yang di anggap rawan terkena gelombang tsunami ini.

"Kami terus melakukan pemantauan apa bila ada terjadi kerusakan atau kerugian akibat bencana tsunami ini maka akan di koordinasikan ke BNPB pusat,"tukasnya.

Hingga saat ini warga di sekitar  pantai holtekam dan beberpa wilayah di sekitar situ seperti koya Barat dan koya timur kampong Skouw Yambe dan Skouw Sai dari pantauan Cenderawasih pos kemarin sore masih waspada jika ada gelombang tsunami lagi. (ben/wen) Sumber JPNN

Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger