SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , » Ironis, Saksi Bleskadit dan Yenu Dipaksa Polisi

Ironis, Saksi Bleskadit dan Yenu Dipaksa Polisi

Written By Voice Of Baptist Papua on June 7, 2011 | 9:00 PM

JUBI --- Ironis, empat orang saksi yang memberikan keterangan atas terdakwa Melkianus Bleskadit dan Dance Yenu dalam sidang siang tadi, Selasa (7/6) terkesan dipaksakan oleh pihak penyidik dari Kepolisian Resort Kota Manokwari untuk memberikan keterangan.

Demikian disampaikan pengacara hukum kedua terdakwa, Simon Riziard Banundi kepada JUBI di Manokwari, Senin. Menurutnya, saksi yang diberikan sebanyak empat orang. Mereka adalah
Yance Sekenyap, Aleks Duwiri, Peneas Sorongan, Jhon Wilson Wader. “Empat orang ini yang tadi diperiksa dalam sidang,” tandasnya.

Kata dia, sebagian saksi pada umumnya tidak mengetahui Berita Acara Persidangan (BAP) yang dikeluarkan penyidik dari polisi.  Diantaranya, Jhon Wilson Wader, Peneas Sorongan. “Dua saksi ini sama sekali tidak tau BAP yang dibuat penyidik dari polisi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, tudingan yang tertuang dalam BAP tak sesuai dengan keterangan yang disampaikan saksi. Misalnya, mereka menuding Daniel sejak itu menghasut massa yang hadir saat itu melalui Firman Tuhan yang disampaikan dikala itu soal pembebasan orang Israel. Tuduhan lainnya adalah dirinya mengajak masyarakat untuk “Merdeka’ bebas dari penindasan seperti orang Israel.

Namun, ternyata tudingan tersebut tidak benar. Simon mengaku, saat itu Daniel hanya memimpin pujian. Selanjutnya refleksi firman Tuhan tentang bangsa Israel. Setelah itu memimpimpin doa selanjutnya dikembalikan Melkianus Bleskadit.  Ia  menuturkan, hal yang serupa juga menimpa saksi yang sama saat memberikan keterangan terhadap Melkianus Bleskadit.

Simon menuturkan, para saksi ditangkap ditempat yang berbeda. Yance dan Peneas ditangkap diluar lingkungan kegiatan. “Waktu itu mereka sudah jalan dari lokasi sekitar 100 meter. Sambil jalan pulang mereka diangkat. Jadi mereka tidak mengerti kenapa ditangkap. Lebih banyak saksi tidak mengetahui,” tandasnya.

Sementara itu, Jhon Wilson Wader, seorang saksi, dalam persidangan itu mengaku, dirinya sama sekali tidak mengetahui keterangan yang dimuat dalam BAP. “Hakim, bukan saya yang buat keterangan itu,” katanya. Sidang Bleskadit dan Yenu ditunda hingga Selasa (14/6) mendatang. (Musa Abubar)
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger