SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , » JDP Rencana Gelar KPTP Bagi Warga Papua

JDP Rencana Gelar KPTP Bagi Warga Papua

Written By Voice Of Baptist Papua on August 7, 2011 | 6:02 AM

ShareJUBI --- Pastor Neles Tebay, Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) mengatakan pihaknya akan merencanakan pelaksanaan Konferensi Perdamaian Tanah Papua (KPTP) bagi warga Papua yang berdomisili di kawasan paling timur ini.
"Kedepan setelah pelaksanaan KPTP bagi orang asli Papua, JDP akan melaksanakan kegiatan yang sama khusus bagi warga Papua,” kata Tebay kepada wartawan di Abepura,Sabtu (6/8).

Menurut dia yang dimaksud dengan 'warga papua' yaitu semua warga yang berdomisili di tanah Papua selain orang asli Papua. "Warga Papua yang dimaksud adalah  kelompok agama,
paguyuban, serta komunitas strategis lainya yang mempunyai peranan penting dalam membangun Papua tanah damai," kata Tebay.

Dia mengatakan dalam rencana pelaksanaan KPTP bagi warga Papua lebih dititik beratkan pada bagaimana membahas dan mencari indikator - indikator dari lima bidang yakni politik, ekonomi, sosial budaya - lingkungan, keamanan serta Hukum dan Hak Asasi Manusia. “Masalah-masalah dalam lima bidang tersebut akan dibahas secara terperinci,”papar Tebay

Lebih lanjut jelas dia, ada dua pertanyaan pokok yang menjadi agenda dalam konferensi kali ini. Pertama menurut dia adalah  bagaimana membahas dan mencari indikator - indikator dalam lima bidang tersebut. “Kedua apa permasalahan mendasarnya dalam kelima bidang itu,”tutur Tebay.

Sementara itu, Muridan S. Widjojo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga salah satu koordinator dalam JDP  mengatakan, mereka  hanya ingin bagaimana memperjuangkan dan menciptakan Papua menjadi tanah damai, dengan melibatkan semua kelompok yang ada.

"JDP hanya sebagai fasilitator. Kami sama sekali tidak mempunyai kepentingan bagi kelompok tertentu. Kami juga hanya ingin membuat bagaimana Papua menjadi tanah yang damai bagi semua orang, terutama untuk orang asli Papua,” tutur Muridan

Menurut dia JDP belum memastikan kapan waktu pelaksanaan KPTP bagi 'warga papua'. Namun, lanjut dia jaringan ini berencana KPTP itu akan digelar setelah menerbitkan hasil KPTP awal Juli lalu dalam sebuah buku. (J/06)
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger