SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , » Usman Hamid Tantang Pemerintah Buktikan Pelaku Kekerasan di Papua

Usman Hamid Tantang Pemerintah Buktikan Pelaku Kekerasan di Papua

Written By Voice Of Baptist Papua on August 21, 2011 | 9:02 PM

Jakarta - Usman Hamid menilai aksi kontak senjata yang selama ini terjadi di Papua dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan OPM (Operasi Papua Merdeka). Lebih jauh lagi, dia menuding TNI yang berada di balik aksi kekerasan yang ada di bumi Cenderawasih tersebut.

"Kita menantang pemerintah untuk menjawab siapa yang terlibat kekerasan dan pelanggaran HAM di Papua, apakah itu OPM atau OPM buatan?" tegas Usman di kantor Kongres Waligereja Indonesia (KWI) Jl Cikini II, Jakarta Pusata, Minggu (21/8).
Hadir dalam kesempatan itu perwakilan dari PGI Jeirry Sumampow dan Romo Benny Susetyo.
Mantan Koodinator KontraS itu menyebutkan dari data-data yang didapatkannya mengenai hasil dari Peradilan Militer, pelanggaran HAM terbukti dilakukan oleh anggota TNI.


"Tapi kesalahan itu dianggap sebagai kesalahan prosedur atau kesalahan bawahan yang tidak tunduk pada atasan," jelas Usman.

Usman menambahkan, dari hasil penelitian pihaknya kebanyakan orang Papua menganggap konflik kekerasan bersenjata merupakan pola lama yang bertujuan untuk membuat situasi Papua tidak stabil, "Dan menjadi pembenaran kemudian untuk operasi militer," katanya

Romo Benny di tempat sama menyatakan keprihatinannya atas situasi Papua yang kian memanas. "Negara malah memperburuk keadaan melalui pernyataan-pernyataan politik pejabat negara, terutama pejabat militer, yang tidak bertanggung jawab dengan menuding OPM tanpa bukti hukum yang otentik," ujar Benny.

"Papua menuntut dialog dan membahas sumber masalah Papua secara jujur," imbuh Benny.

Dia menambahkan, rakyat Papua saat ini menginginkan pemerintah pusat serius dalam membangun dialog yang sejajar. "Bukan dialog basa basi," tegasnya.
 Source More>>http://www.detiknews.com/read/
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger