SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , » Live by Phone dengan Beny Wenda

Live by Phone dengan Beny Wenda

Written By Voice Of Baptist Papua on August 21, 2011 | 9:04 PM

KNPB Resmi Umumkan Hasil KTT ILWP London
Suasana orasi terbuka pengumuman hasil KTT ILWP oleh KPNB di Lapangan Makam Thyes Sabtu (20/8).Jayapura- Janji Komite Nasional Papua Barat (KNPB)  mengumumkan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Internasional Lawyers for West Papua (ILWP) yang  dilaksanakan di Universitas Oxford London Inggris 2 Agustu lalu, benar-benar dipenuhi..  Pengumuman itu disampaikan dalam bentuk orasi terbuka di lapangan Makam Dorteis Eluay, Sabtu (20/8).  Pengumuman resmi KTT ILWP, dimulai pukul 09.00,dengan agenda, kata pembukaan,ibadah singkat,orasi politik oleh Komite KNPB Wilayah se-tanah Papua, pembacaan hasil KTT ILWP + live phone Inggris  Beny Wenda, serta orasi politik Bangsa Papua oleh Ketua umum KNPB Buktar Tabuni, serta doa penutup. Acara ini  diikuti seribuan massa yang datang dari kota Jayapura dan Sentani,serta perwakilan dari semua komite wilayah yang ada di Kabupaten se-Tanah Papua.

Hadir pula ketua dan anggota Parlamen Rakyat Biak menuju Papua Merdeka,yang dideklarasikan di Biak beberapa tahun yang lalu. Dalam orasi Politik yang disampaikan oleh Ketua Parlamen Rakyat Biak (PRB) yang di damping oleh Ketua Umum KNPB Bucthar Tabuni dan Ketua 1 Macko Tabuni menyampaikan,” saya yakin bahwa saya dan rakyat Papua akan bengubah peta teritorial bangsa Indonesia,karena kami membentuk parlamen ini untuk memperjuangkan hak-hak dasar rakyat Papua menuju merdeka dan berdiri diatas pemerintahan sendiri diatas pulau yang penuh dengan air susu dan madu,”katanya dalam orasi politik.  Di tambahkan,  Parlamen ini konotasinya sama dengan ILWP,dan kami berhubungan langsung dengan IPWP dan ILWP bukan Jakarta. Lembaga parlamen ini katanya adalah lembaga refrensentatif Rakyat Papua yang ada di Biak, kami juga berusaha akan membuka kunci globe atau kunci dunia yang bernomor (berlabel)  2504, karena bangsa Papua mempunyai hak untuk menentukan nasib sendiri sesuai dengan standar atau prinsip hukum internasional,”ungkapnya.
Dalam orasi politik yang di sampaikan oleh Ketua 1 KNPB pusat, Macko Tabuni menjelaskan,KNPB sebagai media untuk Rakyat Papua,berjanji akan memperjuangkan sampai masalah Papua kelar atau tuntas dan KNPB tidak pernah mendapat rekomendasi dari Presiden RI, Gubernur Papua, Polda dan Pangdam, DPRP, tetapi KNPB mendapat rekomendasi dari Tuhan dan Rakyat Papua Barat,tegasnya berapi-api.
Menjelang detik-detik pembacaan hasil KTT ILWP, Pendiri IPWP Benny Wenda dalam live Phone dari Inggris, yang diperdengarkan kepada yang hadir, mengungkapkan, “Salam Merdeka untuk rakyat Papua dari sorong sampai Samarai.  KTT ILWP di Oxford Inggris berhasil dilaksanakan, dan dibuka langsung oleh Wali Kota Oxford, kami menghimbau kapada Bangsa Indonesia untuk segera mengakui kedaulatan Bangsa Papua yang sudah Merdeka sejak 45 tahun yang lalu, karena sesuai dengan fakta yang ada Pepera tahun 1969 adalah cacat hukum, dan hasil Kongres ILWP nanti akan diumumkan oleh rakyat Papua sendiri beberapa hari kedepan,”katanya Via Telepon dari Inggris.
Setelah mendengar Telepon dari Beny Wenda dilanjutkan dengan pembacaan hasil KTT ILWP, yang di bacakan oleh Sekretris Jendral  (Sekjen)KNPB, Agus Trapen antara lain, bahwa : pertama, kami telah mendengar sekarang situasi yang paling buruk dan serius di papua Barat. Kedua akar masalah peristiwa ini terletak pada kegagalan Hak Penentuan Nasip Sendiri PEPERA atau Act of Free Choice pada tahun 1969. Ketiga, oleh karena itu kami kembali mendeklarasikan Pengacara Internasional Papua Barat, secara khusus bahwa orang papua barat memiliki hak mendasar untuk menentukan nasip sendiri dibawa hukum internasional bahwa hak itu masi belum dilakukan, Keempat Kami menyerukan kepada semua negara untuk bertindak kepada ketingkatan yang lebih tinggi dan dengan darurat mendesak kepada PBB menuntut orang-orang papua barat agar diberikan kesempatan yang benar untuk menentukan nasib sendiri.
Di tempat yang sama usai pembacaan hasil KTT ILWP,  Bucthar Tabuni menegaskan ,untuk penjelasan yang lebih detail kepada rakyat Papua,akan diklarifikasi oleh komite wilayah se-tanah Papua, agar kinerjanya bisa terarah.  “ Saya juga berharap kepada seluruh rakyat Papua untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain,apa lagi sekarang saudara-saudara kami umat Muslim sedang menjalankan Ibadah Puasa,”pesannya.
Di tegaskan lagi oleh Ketua Umum KNPB, ketika jumpa pers se-usai acara pembacaan hasil di Sentani,”Kami (KNPB Red) siap untuk turun mengamankan hari Raya Lebaran 1432 H,supaya suasana hari raya lebaran dapat berjalan dengan aman. Ketika ditanya soal kegiatan KNPB selanjutnya Bucthar menambahkan pihaknya sedang mengikuti arah politik perjuangan yang terjadi. “ Jadi kami tidak bisa tentukan,nanti saja baru kita ketahui bersama,”imbuhnya penuh ceria.
Ia juga sangat sesal dengan pernyataan beberapa pihak yang selalu menuduh KNPB dalam sejumlah aksi anarkis yang terjadi selama ini di Jayapura maupun Papua umumnya, seperti yang terjadi di Puncak Jaya beberapa waktu lalu bahwa jendral TPN,OPM Goliath Tabuni sudah mengungkapkan saya akan bertanggung jawab, tetapi di pihak lain,justru menuduh KNPB yang harus tanggung jawab. “ Ini kan keliru,”ungkapnya dengan nada tegas. Bucthar juga menegaskan apa yang di lakukan oleh KNPB itu yang akan  dibertanggungjawabkan sesuai bukti-bukti yang ada kongkrit.
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger