SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , , , , » Surat Terbuka AWPA (Sidney):Memprihatinkan. Militer menyapu di Papua Barat

Surat Terbuka AWPA (Sidney):Memprihatinkan. Militer menyapu di Papua Barat

Written By Voice Of Baptist Papua on June 10, 2012 | 6:20 PM

Senator Hon Bob Carr
Menteri Luar Negeri
Gedung Parlemen, Canberra ACT 260011 Juni 2012
Sayang Senator Carr,

Saya menulis kepada anda dengan perhatian yang besar tentang kemungkinan datang operasi militer di Papua Barat oleh pasukan keamanan Indonesia. Kita telah menyuarakan keprihatinan mengenai serangan oleh militer di desa Honai Lama, sebuah kecamatan Wamena di Lembah Baliem (surat tanggal 8 Juni).

Namun, dalam beberapa hari terakhir telah terjadi sejumlah pernyataan dari pribadi aparat keamanan yang menunjukkan operasi militer mungkin akan terjadi di dan sekitar Jayapura.
Seorang juru bicara polisi untuk Polri, Inspektur. Jenderal Saud Usman Nasution mengatakan "bahwa pasukannya akan mengerahkan anggota Brigade Mobil (Brimob) unit operasi khusus ke Papua" dan "kami akan mengirimkan orang terbaik kami untuk mendukung Polisi Jayapura sesegera mungkin karena penembakan dan penusukan perlu berhenti ". Dalam sebuah laporan di Jakarta Post pada 7 Juni, ia juga mengisyaratkan bahwa anggota dari unit kontraterorisme polisi elit, Densus 88, juga dapat dikirim jika" diperlukan ".

Kepala Intelijen Negara di Indonesia Badan Letnan Jenderal Marciano Norman juga berbicara "tentang perlunya sapuan Jayapura bagi warga sipil bersenjata menyusul kekerasan yang meningkat di ibu kota provinsi Papua". Kami mencatat pasukan keamanan belum mengidentifikasi pelaku banyak serangan dan hanya merujuk kepada mereka sebagai geng bersenjata.

Legislator oposisi Tubagus Hasanuddin, anggota DPR Komisi Perwakilan Rakyat yang mengawasi urusan keamanan mengatakan "Hanya saja aneh bahwa pemerintah tidak dapat memecahkan satu kasus bahkan setelah hampir 30 orang tewas baru-baru ini di provinsi ini," dan "Ini Sepertinya pemerintah sedang mengizinkan [kekerasan] terjadi.

 "Para Ketua DPR Marzuki Alie juga menduga bahwa beberapa orang sengaja mendalangi pertumpahan darah dalam rangka untuk meraih kekuasaan dan mendapatkan akses ke sumber daya yang melimpah provinsi alam. "Beberapa telah menggunakan kondisi kacau di sana untuk mendapatkan keuntungan sendiri," katanya. 

Marzuki, anggota Partai Demokrat Yudhoyono, mengatakan bahwa penembakan bisa menunjukkan bahwa orang-orang berjuang untuk menguasai sumber daya alam dan sementara ia tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa tentara dan pejabat lokal dapat terlibat dalam insiden, mendesak bahwa kelompok-kelompok di belakang peristiwa harus diidentifikasi.

Juga dilaporkan dalam The Jakarta Globe dari 10 Juni, Aleksius Jemadu, dekan Sekolah Pelita Harapan Universitas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mengatakan ia menduga bahwa ketidakmampuan pemerintah untuk memecahkan setiap kasus adalah karena keterlibatan aparat keamanan dalam insiden. "Meskipun militer sebagai sebuah institusi tidak dapat terlibat, beberapa anggotanya mungkin. Insiden ini menunjukkan bahwa Jakarta telah gagal untuk mengatasi masalah di provinsi ini. Penembakan menunjukkan bahwa petugas lokal tidak mendengarkan pemerintah pusat, "katanya.

Perilaku militer Indonesia selama "menyapu" menjadi perhatian besar seperti yang terlihat oleh serangan baru-baru ini oleh militer di desa Honai Lama di Wamena.Para Jubi koran lokal pada 8 Juni dilaporkan bahwa "situasi di Sentani, Kabupaten Jayapura, telah menjadi sangat tegang menyebabkan banyak ketakutan di kalangan masyarakat, begitu banyak sehingga mereka takut untuk meninggalkan rumah mereka menyusul kematian seorang anggota KNPB, Komite Nasional Papua Barat ".

Amnesty International dalam pernyataannya tanggal 8 Juni mengatakan "laporan Kredibel pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pasukan keamanan terus muncul di propinsi Papua dan Papua Barat, termasuk penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya, penggunaan yang tidak perlu dan berlebihan kekuatan, termasuk senjata api , dan pembunuhan di luar hukum ".

Karena Australia terlibat dalam membantu melatih militer Indonesia dan di Detasemen, khususnya 88 yang Insp. Jenderal Saud Usman Nasution mengisyaratkan juga dapat dikirim jika "diperlukan" untuk Papua Barat. Kami kembali menghimbau Anda untuk meningkatkan perilaku pasukan keamanan Indonesia di Papua Barat dengan Presiden Indonesia dan mendesaknya untuk menghentikan menyapu militer yang diusulkan di wilayah itu.

Dampak dari operasi militer yang membuat penduduk trauma hidup dalam ketakutan.

Hormat saya
Joe CollinsAWPA (Sydney)
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger