SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » » PIDATO KETUA UMUM DEWAN ADAT PAPUA

PIDATO KETUA UMUM DEWAN ADAT PAPUA

Written By Voice Of Baptist Papua on January 6, 2010 | 6:11 PM


DALAM RANGKA TERTEMBAKNYA

JENDERAL UMEKI KELLY KWALIK

SYUKUR BAGIMU TUHAN

Perjuangan Jenderal Umeki Kelly Kwalik adalah menegakan dan membela Hak-hak kadaulatan bangsa dan hak-hak asasi bangsa Papua diatas tanah Papua dengan melalui cara bergerilya, bukan merusak suatu bangsa atau Negara manapun di dunia, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun selama ini tuduhan tindakan kriminal, otak Gerakan Pengacau Keamanan atau Separatis di Papua oleh Negara Indonesia adalah Jenderal Umeki Kelly Kwalik, namun itu tidak benar karena tidak dapat dibuktikan secara obyektif dan akurat. Karena cara bergerilya Jenderal Umeki Kelly Kwalik secara bermartabat dengan mengedepankan norma dan Hak Asasi Manusia.

Walaupun Jenderal Umeki Kelly Kwalik telah dibunuh tidak manusiawi, namun semangat juangnya tidak pernah akan dibunuh dan mati. Tetap akan hidup terus dalam semangat juang bangsa Papua dari generasi ke generasi. Karena sejarah dunia telah mencatat bahwa ideologi dan atau cita-cita perjuangan suatu bangsa tidak pernah mati dibunuh oleh senjata apapun. Begitu pula ideologi dan cita-cita bangsa Papua akan terus berkobar.

Konflik kekerasan yang sedang dipelihara di Papua merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari propaganda Negara Indonesia berkolaborasi dengan negara-negara kapitalis yang berwatak imperium untuk memecah belah keutuhan kesatuan rakyat Bangsa Papua. Oleh sebab itu, jangan kita mau dijinakkan dan terkooptasi menuju kehancuran kebangsaan. Jalan Kekerasan tidak pernah berhasil menyelesaikan konflik di Papua malah menambah pertumpahan darah dan air mata orang Papua tanpa henti-henti, sehingga kita harus berjuang secara bermartabat berdasarkan mekanisme formal. Bangsa Papua, Rumpun Melanesia, Ras Negroid di pasifik, tidak akan menjamin masa depan hidup melalui sistem hukum dan atau Administrasi Manajemen Pemerintah Indonesia yang berlaku di seluruh tanah Papua. Hal ini telah, sedang dan akan terus terjadi creeping genoside terhadap masyarakat adat bangsa Papua dengan indikator dibunuh melalui senjata api, dibunuh melalui senjata tumpul, dibunuh melalui senjata tajam, dibunuh melalui senjata virus, dibunuh melalui senjata cair minuman keras dan lain-lain sehingga populasi masyarakat adat Papua tidak bertambah signifikan. Malah jumlah penduduk masyarakat adat Papua semakin habis diatas Tanah Papua. Salah satunya adalah pembunuhan berencana dan penghilangan kilat Jenderal Umeki Kelly Kwalik di gorong-gorong Timika 16 Desember 2009 oleh Negara Republik Indonesia atas konspirasi Politik PT. Freeport Indonesia.

Oleh karena itu saya selaku Ketua Dewan Adat Papua menyatakan sikap:

1. Negara Republik Indonesia telah menodai suasana hajatan makna Natal umat Kristiani dan telah melanggar hak hidup Jenderal Umeki Kelly Kwalik secara tidak manusiawi berdasarkan asas dan norma kemanusian. Ini merupakan pembunuhan kilat dan pencabutan nyawa seseorang secara paksa dan terencana. Sehingga Dunia dan masyarakat Internasional segera mengutuk dan memberikan sangsi keras terhadap perilaku Aparat Keamanan Negara Republik Indonesia di atas Bangsa Papua.

2. PT. Freeport Indonesia, sebagai penyandang dana dan pendukung fasilitas dalam rencana pembunuhan anak adat Jenderal Umeki Kelly Kwalik, karena PT. Freeport Indonesia yang punya berkepentingan dalam pembunuhan Jenderal Umeki Kelly Kwalik demi pengamanan Investasi penambangan emas di Nemangkawi. Maka:

a. PT. Freeport Indonesia harus di Tutup.

b. Bertanggungjawab penuh terhadap Dewan Adat Papua untuk menyelesaikan semua masalah tentang hak-hak Hidup dan Hak Politik Bangsa Papua secara menyeluruh atau komperhensip, integral, setara, adil, beradab, bermartabat dan tuntas harus digelar Dialog atau Perundingan antar bangsa Papua dan Bangsa Indonesia dalam tahun 2010 yang dimediasi oleh PBB.

c. Batas waktu point a dan b bulan Januari – Februari 2010.

3. Bahwa peristiwa penembakan warga berkebangsaan Australia Mr. Drew Nicholas Grant dan korban lain di Areal PT. Freeport Indonesia mile 52-54 Timika Papua pada bulan Juli 2009, sampai hari ini belum terungkap pelakunya, maka atas nama bangsa Papua hendak kami sampaikan kepada dunia Internasional bahwa Jenderal Umeki Kelly Kwalik bukan pelaku penembakan teragedi kemanusian di Areal PT. Freeport Indonesia.

4. Perjuangan bangsa Papua bukan merusak negara manapun di dunia ini, termasuk tidak berniat merusak negara Indonesia. Oleh karena itu, setiap bangsa dan negara di dunia harus menghargai hak-hak azasi dan hak Politik bangsa Papua dan mewujudkannya penuh pada tahun 2010.

5. Para pimpinan komponen perjuangan bangsa Papua segera melakukan rekonsiliasi dan konsolidasi antar komponen berazaskan demokrasi dan berjalan dalam koordinasi dan sinkronisasi secara sinergi antara pimpinan komponen perjuangan bangsa Papua.

6. Bagi masyarakat adat bangsa Papua yang masih hidup, saya ajak mari kita tingkatkan solidaritas semangat juang kita dalam membela hak-hak kita sebagai bangsa Papua, Rumpun Melanesia, Ras Negroid Pasifik. Jangan takut! Tuhan Yesus Putra Natal beserta kita dalam perjuangan ini.

Akhir kata atas nama Masyarakat Adat Bangsa Papua mengucapkan selamat jalan tuanku Jenderal Umeki Kelly Kwalik, jasamu akan tetap dikenang sebagai pahlawan revolusioner bangsa Papua oleh generasi penerus. Semoga Tuhan Yesus menempatkan saudara almarhum Jenderal Umeki Kelly Kwalik ditempat yang aman dan damai di Surga.

Demikian pidota saya Ketua Umum Dewan Adat Papua, atas perhatian Bapak/Ibu Pemimpinan dan komponen masyarakat adat bangsa Papua diucapkan terima kasih dan selamat berduka.


Amungsa, 21 Desember 2009

Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger