SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , » Mako Tabuni Mengaku Siap Bertanggung Jawab

Mako Tabuni Mengaku Siap Bertanggung Jawab

Written By Voice Of Baptist Papua on August 10, 2011 | 6:57 PM

Jika Pelaku Penikaman dari Massa KNPB
Mako Tabuni bersama pengurus saat di depan ruang Intel Polres Kota Jayapura. Mereka datang  atas undangan kepolisian untuk memberi klarifikasi terkait kasus penikaman saat demo KNPB.
Mako Tabuni bersama pengurus saat di depan ruang Intel Polres Kota Jayapura. Mereka datang atas undangan kepolisian untuk memberi klarifikasi terkait kasus penikaman saat demo KNPB.
JAYAPURA-
Cukup kooperatif, itulah kesan yang ditunjukkan, Mako Tabuni Cs, dalam menyikapi panggilan kepolisian untuk dimintai keterangan terkait terjadinya kasus penikaman saat aksi demo damai KNPB (2/8)lalu.
Sesuai janjinya, Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni, yang juga Korlap aksi Demo 2 Agustus,  akhirnya memenuhi panggilan polisi Rabu (10/8), kemarin. Mako Tabuni datang ke kantor Polresta Jayapura, tidak sendirian, tetapi Ia  bersama pengurus KNPB lainnya untuk mengklarifikasi tentang pemberitan di media terkait penikaman terhadap mahasiswa USTJ yang saat itu bersamaan dengan aksi demo KNPB.  Saat diwawancarai sejumlah wartawan terkait kedatangannya ke kantor polisi sebagai apa? Mako Tabuni mengatakan “ saya datang memenuhi undangan dari polisi  untuk mengklarifikasi tentang pemberitaan media massa terkait penikaman terhadap mahasiswa USTJ Jayapura yang terjadi saat massa KNPB melakukan aksi demo damai dukung KTT (ILWP),”katanya.
Dikatakan, dalam pemeriksaan itu, pihak kepolisian hanya menanyakan terkait pelaksanaan aksi serta  ijin aksi demo damai (2/8) lalu, dan juga beberapa pertanyaan menyangkut adanya korban saat aksi demo damai itu berlangsung.
Mako Tabuni yang adalah korlap dalam aksi demo damai KNPB saat
ditanya wartawan apakah pelaku penikaman tersebut berasal dari massa KNPB yang melakukan aksi demo damai ? Mako mengatakan “ untuk sementara ini saya tidak bisa pastikan apakah korban penikaman di lakukan oleh oknum massa pendemo saat aksi demo damai itu berlangsung, namun saya bisa mengambil keputusan ini  hanya rekayasa untuk mengalihkan isu damai dari rakyat Papua  yang pada saat itu melakukan aksi demo damai  menjadi isu tindakan anarkis yang di lakukan oleh orang Papua,”katanya.
Selain itu, Mako juga  minta agar korban tidak bersifat tertutup. Untuk itu pihaknya juga perlu melihat korban iu sendiri. “ Artinya kami sendiri harus melihat korban seperti apa, dan apakah saat kejadian penikaman tersebut korban berada di pingiran massa yang melakukan aksi demo damai atau berada di tengah massa pendemo,  inikan  saya sendiri belum tahu sehingga saya menilai hal ini belum jelas dan juga kalau oknum pelaku dari penikaman adalah bagian dari massa yang melakukan aksi demo tersebut saya siap untuk bertanggung jawab,”katanya.
Karena itu ia berharap agar kepolisian mau menfasilitasi antara korban dan pihak KNPB dapat bertemu, selanjutnya sama- sama mencari tahu siapa pelaku dari penikaman tersebut .
Sedangkan Kapolres Kota Jayapura, AKBP Imam Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan jika Mako Tabuni dipanggil hanya untuk meminta keterangan mengenai aksi demo damai yang dilakukan KNPB (2/8) lalu dan mau bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mecari siapa pelaku penikaman, serta membantu polisi untuk mengusut secara  tuntas kasus penikaman tersebut, apakah ada kaitan dengan aksi demo damai dari KNPB atau kah adalah pihak ketiga yang mau mengacaukan situasi dengan peristiwa penikaman tersebut. “Untuk sementara saudara Mako Tabuni kami panggil untuk meminta keterangan serta mau bekerjasama dengan pihak kepolisian guna mengusut tuntas kasus penikaman yang terjadi bersamaan aksi demo damai oleh massa KNPB,” tegas Kapolresta Jayapura Imam Setiawan.
 

Kapolres  Salut  dengan Massa KNPB


Imam Setiawan
Imam Setiawan
Jayapura- Kapolresta Jayapura AKBP Imam Setiawan mengaku sangat menghargai kelompok masyarakat yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat KNPB,  pasalnya selama dirinya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura, massa KNPB selama melakukan aksi demo belum pernah melakukan tindakan –tindakan yang anarkis.
“ Selama hampir 2 tahun saya  menjabat  Kapolresta Jayapura KNPB belum pernah melakukan tindakan anarkis dalam aksi unjuk rasa,” tegas AKBP  Imam Setiawan saat diwawancarai wartawan di Jayapura, Rabu (10/8), kemarin. Terakhir kata Kapolres, saat aksi demo 2 Agustus, tiga hari sebelumnya dirinya sudah menghimbau agar massa tidak membawa senjata tajam dan tidak miras, dan itu terbukti terlihat mereka sangat tertib dalam melakukan aksi demo damai.  “Saat kami batasi hanya di bundaran taman Imbi  mereka pun tertib menggelar aksi di Taman Imbi  dan bergerak ke arah Abe pun dengan tertib sampai selesai pun dengan tertib ,”kata Kapolres memberikan apresiasi.
Di singgung masalah aksi  demo damai KNPB (2/8) yang dinodai adanya aksi penikaman , Kapolresta Imam Setiawan  mengatakan “kalau sampai sekarang kami belum bisa ungkap siapa pelaku penikaman, oleh sebab itu kami meminta kerja sama dengan MakoTabuni Cs untuk dapat membantu  mengusut kasus ini bersama sama dan dalam waktu dekat akan kami panggil pihak korban untuk bertemu lansung dengan Mako Tabuni,” tegas Imam Setiawan. (cr-32/don/l03)
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger