SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , , , , , , » KonflikPapua Barat di dorong jadi agenda global

KonflikPapua Barat di dorong jadi agenda global

Written By Voice Of Baptist Papua on May 7, 2012 | 7:44 PM

Kita mungkin tidak mendengar banyak tentang hal ini tetapi kerusuhan di provinsi Indonesia Papua Barat terus berlanjut.

Papuan (foto dok pgbp)
Misalnya, pada tanggal 8 April pria bersenjata menembaki sebuah pesawat kecil saat mendarat di Bandara Mulia, menewaskan seorang penumpang dan melukai empat orang lainnya termasuk pilot.
Konflik itu berlangsung dan begitu juga dengan upaya internasional oleh orang-orang itu untuk mendapatkan isu Papua Barat dalam agenda.
Eben Kirksey, telah melihat proses ini dari dekat, yang menyertai kampanye Barat Papua untuk pertemuan di seluruh dunia dan sering menemukan dirinya terkejut dengan bakat mereka untuk mendapatkan di pintu dan untuk bernegosiasi dengan beberapa sekutu tidak mungkin.
Eben Kirksey telah menulis tentang pengalamannya dan studi dalam buku Kebebasan di Dunia yang dilibatkan: Papua Barat dan arsitektur Global Power.


Presenter: Liam Cochrane
Pembicara: Eben Kirksey, penulis Kebebasan di Dunia yang dilibatkan: Papua Barat dan arsitektur Global Power dan Studi Asisten Profesor Ilmu Tamu di Universitas Kota New York
 
Kirksey: Yah perjalanan pertama saya ke Papua Barat benar-benar tak terduga, saya pesawat terbang menuju ke Jakarta, saya naik pesawat di Los Angeles dan kami berhenti pertama di Honolulu, Hawaii, dan kemudian benar-benar tak terduga aku menemukan diriku di sebuah ruang tunggu di Biak di lepas pantai utara Papua Barat. Aku kemudian mengetahui bahwa rakyat Biak menyanyikan lagu-lagu ajaib untuk ikan terbang, mereka mengatakan pada ikan yang ada pesta terjadi di darat dan bahwa mereka akan menjadi tamu terhormat. Ketika ikan darat mendapatkan umpan dan perangkap saklar mengungkapkan, ikan dipanggang hidup-hidup dan dimakan secara keseluruhan. Saya adalah seorang turis terbang bukan ikan terbang ketika saya pertama kali melewati Papua Barat. Saya bertemu sebuah band string dalam hal ini ruang tunggu bandara akuarium seperti yang menangkap imajinasi saya. Ketika saya kembali beberapa tahun kemudian ketika aku sampai di luar bandara di luar lampu terang, saya menemukan bahwa ada pendudukan militer terjadi dan genosida.
 
Cochrane: Bila Anda tinggal di Papua Barat itu akhir 1990-an, adalah politik sesuatu perlawanan itu hanya di udara, itu di mana-mana, itu berbicara tentang atau apakah itu sesuatu yang tersembunyi dan rahasia?
 
KIRSKEY: Yah selama bertahun-tahun di bawah rezim Soeharto itu di bawah tanah, itu semacam menggali, bersembunyi dari kekuasaan pemerintah. Aku sampai di sana pada bulan Juli 1998 tepat setelah Soeharto ditendang keluar dari kantor, dan semua gerakan ini tiba-tiba yang telah terbengkalai selama puluhan tahun adalah menemukan kakinya. Dalam beberapa minggu setelah kedatangan saya melihat serangkaian pembantaian, pengibaran bendera di mana orang berani mempertahankan hak-hak yang telah dijamin di bawah hukum internasional, penawaran ditengahi PBB yang pada dasarnya memberikan mereka janji referendum kemerdekaan. Jadi setelah Soeharto ditendang keluar, yang bertepatan dengan kedatangan pertama saya, orang tiba-tiba itu mulai menggunakan taktik damai perlawanan untuk menuntut hal-hal dari pemerintah.
 
Cochrane: Beritahu kami tentang dampak menyaksikan pembantaian orang-orang, bagaimana bentuk bahwa cara Anda beroperasi dalam lingkungan tersebut?
 
KIRSKEY: Yah pertama-tama saya tidak bisa membicarakannya, buku ini adalah pertama kalinya bahwa saya telah pernah diterbitkan tangan pertama account saya pembantaian Biak pada tahun 1998 ketika ke atas dari 150 orang tewas. Jadi di lapangan saya pada dasarnya diikuti oleh agen-agen intelijen Indonesia, saya pada dasarnya takut untuk berbicara, saya berpikir jika saya mulai memberitahu orang tentang apa yang saya lihat bahwa saya sendiri mungkin akan dibunuh. Baru di kemudian hari bahwa orang Papua mengajarkan saya bahwa saya bisa berbicara tentang ini dan itu aku bisa bertemu dengan orang-orang di pemerintahan saya sendiri di sini di Amerika Serikat dan memberitahu mereka tentang apa yang kulihat dan mencoba untuk mendapatkan pemerintah saya untuk melakukan hal yang benar.
 
Cochrane: Dan Anda harus tidak hanya pada istilah Anda sendiri menganjurkan untuk pada isu Papua Barat tetapi juga disertai Papua Barat juru kampanye untuk pertemuan di seluruh dunia. Dalam situasi itu apa peran Anda ketika Anda akan bersama dengan seseorang?
 
KIRSKEY: Yah sebagian orang Papua yang meminta saya untuk menerjemahkan apa yang mereka ketahui ke dalam cerita yang akan berdering benar dalam lorong-lorong kekuasaan. Jadi misalnya satu desas-desus saya mendengar bahwa mulai keluar di ranah rumor bahwa militer Indonesia mempersenjatai milisi, kelompok Papua untuk melancarkan serangan-serangan rahasia. Saya akhirnya menyelidiki sekelompok orang-serangan dan mendapatkan data keras yang penting ketika Anda berbicara dengan pembuat kebijakan. Selain membawa fakta-fakta dari tanah kepada orang-orang di Washington, kepada orang-orang di London, Papua juga meminta saya untuk belajar apa yang kita dapat disebut arsitektur kekuasaan, pada dasarnya bagaimana kekuatan global bekerja pada saat ini dalam sejarah. Jadi seperti yang saya ditemani orang Papua dalam pertemuan, seperti yang kita meminta hal-hal yang sangat spesifik, Anda dapat membantu kita keluar dalam kasus khusus pelanggaran hak asasi manusia, saya juga memperhatikan bagaimana kekuatan adalah bermain dalam konflik ini, bagaimana lengan panjang AS kebijakan luar negeri dalam banyak hal adalah melakukan hal yang salah. Sebagai contoh pemerintah AS mendanai program indonesian pelatihan militer, kita akan mempertimbangkan penjualan helikopter kepada militer Indonesia. Jadi saya memperhatikan ekonomi politik sebagai pemikiran tentang situasi lengan panjang perusahaan-perusahaan AS dalam mempengaruhi apa yang terjadi di bagian yang tampaknya terpencil di dunia.
 
Cochrane: Dan salah satu tema utama buku ini adalah pertanyaan tentang perlawanan terhadap kolaborasi. Bisakah Anda menjelaskan bagaimana dua bentuk aksi berdampingan di Papua?
 
KIRSKEY: Itu benar, baik ketika saya pertama kali pergi ke Papua Barat saya berharap menemukan perlawanan, tidak hanya untuk pendudukan militer Indonesia, tetapi juga untuk kekuatan-kekuatan globalisasi. Ketika aku sampai di sana saya sangat cepat menemukan bahwa saya harus berpikir ulang hal penelitian saya, pada dasarnya orang Papua sangat pintar seperti yang Anda katakan di awal masuk ke dalam kekuasaan, pembuatan bekerja di kecil sedikit demi sedikit cara. Jadi saya menemukan bahwa orang Papua akan pergi ke Kongres AS, akan pergi ke PBB dan meminta hal-hal tertentu tetapi semua sementara berharap bahwa suatu hari aturan permainan akan berubah secara dramatis. Jadi sementara mereka sangat cerdas dalam hal membuat lembaga-lembaga modern yang bergerak mereka juga membayangkan hari ketika pencurian sumber daya alam dengan perusahaan seperti Freeport McMoran, BP akan di sana mengharapkan gas alam dan emas, mereka ingin mengubah hubungan-hubungan dari pencurian langsung dalam pikiran mereka untuk hadiah dengan semua kewajiban timbal balik yang memberikan hadiah memerlukan.
 
Cochrane: Bagaimana mereka melakukan itu, beritahu kami tentang ini gerakan grand hadiah?
 
KIRSKEY: Ada satu visioner khususnya, namanya Decky Pigome yang ingin menemukan sebuah perusahaan baru, jadi riffing dari nama Freeport McMoran ia memutuskan ingin memberi nama perusahaannya Freeport Yawudi Nota, yang berarti Distribusi Freeport Ubi Jalar. Para Nota kata dalam bahasanya, bahasa utama juga berarti kekayaan. Jadi dia ingin memberi makan orang-orang Papua Barat tapi kemudian juga memberi makan orang Jawa. Dia menyadari bahwa jika Papua Barat adalah untuk menjadi independen, orang Jawa akan sangat miskin dan menderita. Dia juga ingin memberi makan orang Amerika, untuk memberi makan rakyat Afrika. Dia model program pemberian hadiah off dari diplomasi lunak dari Amerika Serikat dan Uni Soviet selama Perang Dingin. Dia semacam melihat kekuatan dari program-program Gifting. Dan kita tahu sebagai antropolog yang memberi hadiah adalah hal yang sangat rumit. Dalam Nugini Highlands ini adalah bagaimana kekuasaan bekerja. Jadi apa yang saya mencatat di sini adalah visi dari pemberian hadiah dalam skala besar, ini gerakan kemanusiaan besar yang pada dasarnya akan melibatkan segala macam kewajiban sehingga orang Papua untuk memanggil nikmat dari pemerintah asing setelah pemberian kedua macam hadiah.
 
Cochrane: Eben Saya ingin bertanya tentang masalah yang lebih baru, pekan lalu ada laporan beredar bahwa Pasukan Khusus Bahasa Indonesia berencana pembunuhan beberapa pemimpin Papua Barat. Saya bawa Anda mungkin pernah melihat ini di media dan saya ingin bertanya apakah Anda pikir itu kredibel dan apa yang Anda pikirkan tentang laporan tersebut?
 
KIRSKEY: Laporan tersebut sangat mengkhawatirkan dan mereka adalah bagian dari kampanye sistematis lama oleh pasukan khusus Indonesia di Papua Barat. Ada semacam strategi ganda terjadi, di satu pihak militer Indonesia telah sangat sistematis mencoba untuk bermain sampai ancaman separatis bersenjata di Papua Barat, mereka sudah benar-benar memberi mereka senjata untuk disebut pejuang kebebasan. Pada saat yang sama mereka sudah mencoba untuk bermain sampai ancaman ini dan membesar-besarkan tingkat perlawanan bersenjata dan kadang-kadang bahkan perlawanan politik secara damai, mereka telah melakukan kampanye yang sangat sistematis dari pembunuhan. Kami memiliki pemimpin seperti Theys Eluay yang dibunuh oleh Kopassus tahun 2002. Kami memiliki banyak pembunuhan tingkat yang lebih rendah yang telah terjadi sepanjang tahun. Banyak pria yang disebut dalam daftar yang intelektual cukup menonjol, dan saya pikir bocornya laporan ini harus dilakukan dengan sangat serius dan luar negeri pemerintah di seluruh dunia harus berbobot sekarang untuk menghentikan pembunuhan ini.
 
Cochrane: Apa yang harus melakukan Australia sebagai tetangga dekat Indonesia dan Provinsi Papua Barat, apa yang harus dilakukan Australia di bagian depan ini?
 
KIRSKEY: Jadi setelah melakukan banyak advokasi saya di sini di Amerika, tempat ini, Amerika Serikat sebagai negara adidaya yang terbayang, saya benar-benar berpikir kekuatan kita terbatas dalam hal ini dan saya benar-benar berpikir bahwa Australia adalah pemain kunci dalam wilayah tersebut. Banyak orang Indonesia sangat menyadari peran sejarah yang dimainkan Australia di Timor Timur dan saya pikir ada banyak kekuatan regional yang dapat dan harus dimanfaatkan. Ada banyak hubungan ekonomi antara kedua negara, tapi saya pikir itu benar-benar behooves pemerintah Australia untuk menimbang dalam sekarang.
 
Cochrane: Anda berbicara sebelumnya tentang aktivis Papua Barat mendorong untuk keuntungan kecil di lembaga-lembaga besar, apakah itu PBB atau Washington DC atau Canberra. Pada saat-saat apa yang mereka harus berjuang untuk tampak seperti tidak mungkin. Tapi apa yang mereka mendorong sejauh hal-hal tambahan kecil yang akan membantu mereka di sepanjang jalan mereka?
 
KIRSKEY: Secara khusus di Amerika Serikat banyak orang Papua, satu, telah menganjurkan untuk memotong pembiayaan militer AS ke Indonesia. Hal lain yang mereka sudah meminta bantuan dari pemerintah AS membuka akses ke provinsi, sehingga memungkinkan untuk kebebasan bergerak bagi orang Papua sendiri. Sangat sulit untuk melakukan perjalanan bahkan dalam berbagai kabupaten di Papua dan Papua Barat, apalagi jika orang Papua berusaha untuk bermitra dengan organisasi-organisasi asing. Kemenangan sedikit demi sedikit tambahan sehingga sangat kecil seperti itu adalah hal-hal konkret bahwa orang dapat mencapai dalam hubungan bersarang saat ini dengan kekuasaan. Semua orang sementara berharap untuk transformasi dramatis lebih pada cakrawala masa depan, apakah itu kedaulatan nasional pada saat ketika bangsa yang berdaulat memiliki kebebasan yang terbatas.
Seperti saya katakan sebelumnya, Amerika Serikat, kekuatan kita sedang menurun, sehingga pada saat ini dalam sejarah saya pikir semua bangsa kita yang tertanam dalam ikatan transnasional. Dan apa yang orang Papua benar-benar ingin menyerukan kemerdekaan adalah kemampuan mereka untuk menegosiasikan antar-dependensi. Jadi ini sedikit demi sedikit kecil kemenangan di alam kebijakan saat ini adalah semua dan di dalam imajinasi banyak aktivis, awal untuk mendapatkan kursi di PBB, meskipun negara-negara independen tidak apa yang mereka dahulu jika awal Eropa modern memiliki arti yang sangat berbeda kedaulatan dan [tidak terdengar] harapan orang Papua untuk kemerdekaan nasional, merangkul fakta bahwa orang-orang macam independences dan kebebasan secara inheren terbatas di awal abad 21
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger