SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , » Australia menekan Indonesia pada pembunuhan Aktivis Papua

Australia menekan Indonesia pada pembunuhan Aktivis Papua

Written By Voice Of Baptist Papua on August 29, 2012 | 7:57 PM

Foreign Minister AU. Bob Carr (AFP)

Mako Tabuni (foto KNPB)
Canberra pada hari Rabu  menyerukan untuk penyelidikan Indonesia ke dalam pembunuhan seorang pemimpin kemerdekaan Papua tetapi tidak bisa mengatakan apakah Australia terlatih kontra-terorisme polisi terlibat dalam kematian.
Menteri Luar Negeri Bob Carr mengatakan para pejabat senior Australia menekan Indonesia pada kematian pada bulan Juni Mako Tabuni, pemimpin dalam perjuangan kemerdekaan Papua dari Jakarta diduga dibunuh oleh anti-ekstrimis skuad Indonesia.
Pendukung Tabuni mengatakan kepada media Australia dia ditembak mati oleh berpakaian petugas dari Detasemen 88, skuad kontra-terorisme yang dibentuk setelah bom Bali tahun 2002 dan sebagian dilatih dan didanai oleh Australia.
Carr mengatakan polisi Australia termasuk pelatihan HAM dalam pekerjaan mereka dengan polisi Indonesia, tetapi "kami tidak menjalankan
pasukan kontra-terorisme " dan ada batas tanggung jawab Canberra untuk kegiatan mereka.
Dia tidak bisa memastikan apakah Densus 88 telah terlibat dalam kematian Mr.Tabuni, tetapi mengatakan beberapa tingkat atas representasi telah dibuat  Jakarta menyerukan harus penyelidikan "penuh dan terbuka" dalam penembakan itu.
"Kami pikir cara terbaik untuk mengklarifikasi situasi ini untuk penyelidikan," kata Carr ABC Television.
"Kami pikir itu akan berada dalam kepentingan Indonesia khususnya dan untuk kepentingan catatan hak asasi manusia mereka di provinsi Papua."
Carr menekankan bahwa Seruan datang "dalam konteks kita konsisten mengakui kedaulatan Indonesia atas Papua, dan pada saat yang sama menegaskan hak kami sebagai teman dan tetangga untuk mengangkat isu-isu hak asasi manusia".
"Bahkan ketika mereka sedang berhadapan dengan orang-orang yang mungkin telah menggunakan cara-cara kekerasan, yang dituduh menggunakan cara-cara kekerasan, posisi kuat kami dengan Indonesia adalah bahwa proses hukum harus terbuka dan bahwa orang yang dituduh melakukan berbagai pelanggaran harus ditangani dengan jatuh tempo proses, "katanya.
Carr mengatakan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa telah "sangat responsif".
Polisi Australia  mengatakan hanya menyediakan dana untuk pasukan Indonesia untuk spesifik kontra-terorisme inisiatif, meskipun itu "berbakat" mobil, telekomunikasi dan peralatan komputer senilai Aus $ 314.500 (US $ 325.810) selama dua tahun.
"Polisi Federal Australia tidak menyadari, atau telah diberitahu, bahwa Densus 88 secara khusus menargetkan pemimpin kemerdekaan di Papua dan Papua Barat," katanya dalam sebuah pernyataan.


Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger