SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , » Gereja Australia mencari mediasi di Papua

Gereja Australia mencari mediasi di Papua

Written By Voice Of Baptist Papua on September 23, 2010 | 9:36 PM


smaller font
larger fontprint this articleemail this article to a friend

Diterbitkan Tanggal: September 23, 2010

Oleh Ma. Sophia S. Lizares, Perth
Australian Church seeks mediation in Papua thumbnail
Rosemary Hudson Miller, Associate Sekretaris Jenderal di podium selama suara oleh delegasi dari KPKC dan Misi Internasional (Foto milik dari Gereja Uniting di Australia)

Gereja Uniting di Australia Barat akan memanggil Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd untuk mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengadakan dialog nasional dengan orang asli Papua. SUMBER

"Sebuah dialog dimediasi oleh pihak ketiga yang independen dapat memastikan keadilan dan mengamankan masa depan Papua," kata Sinode Moderator Pendeta Ken Williams.

item Agenda termasuk marginalisasi Papua dan kekerasan terhadap mereka, militerisasi provinsi dan keinginan orang Papua 'untuk swa-regulasi.

"Orang-orang Papua merasa terisolasi dan rentan," kata John Barr, Direktur Associate UnitingWorld Asia. UnitingWorld bekerja dengan Gereja Kristen Injili di Papua (GKI-TP).

The GKI-TP mencatat bahwa setelah 10 tahun di bawah Undang-Undang Otonomi Khusus, penduduk asli Papua tetap terpinggirkan. Hukum disahkan oleh pemerintah Indonesia setelah sentimen separatis tumbuh.

Setelah banding ini, Presbyteri Bersama dan pertemuan Sinode melewati resolusi akhir pekan ini di Perth. Ini adalah tindakan pertama yang dibuat oleh sebuah gereja Australia sejak Papua menolak Undang-Undang Otonomi Khusus dalam sebuah demonstrasi besar-besaran Agustus lalu.

Undang-undang ini "gagal untuk memenuhi aspirasi orang Papua," kata Barr, mengutip pemimpin gereja. "Mereka ingin hidup dalam damai, tetapi mereka tidak memiliki kepemilikan tanah, kontrol ekonomi dan pendidikan yang layak."

Gereja Uniting telah bekerja sama dengan GKI-TP melalui berbagai proyek pengembangan. Mereka sepakat untuk terus bekerja bersama-sama pada advokasi hak asasi manusia, pembangunan perdamaian, bantuan darurat, pelayanan kesehatan dan pengembangan ekonomi.

Sementara itu, Papua menunjukkan hari ini di depan kedutaan AS dan konsulat Indonesia di Perth bertepatan dengan pendengaran kongres AS berjudul Kejahatan Terhadap Kemanusiaan: Ketika Will Be Militer Indonesia Dimiliki Akuntabel untuk yang disengaja dan sistematis Pelecehan di Papua Barat?

The GKI-TP wrote Presiden AS Barack Obama untuk "mendukung Dialog antara Papua dan Jakarta dan memastikan hak untuk kebebasan berekspresi sebagaimana dijamin oleh Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik."

Pendeta Socratez Sofyan Yoman, Chairmain dari Persekutuan Gereja-gereja Baptis di Papua menyatakan bahwa undang-undang Otonomi Khusus gagal. "Ini meningkatkan penderitaan orang asli Papua di tanah leluhur mereka," katanya.

Pada tahun 1969, Indonesia mengambil alih Papua Barat berdasarkan "Act of Free Choice," referendum dari 1.000 pemimpin Papua.

Sejak itu, Australia telah mengakui hak-hak Indonesia untuk melaksanakan kewenangan di Papua, di mana migrasi yang disponsori pemerintah menyebabkan penurunan populasi. Kebanyakan orang Papua tetap Kristen sedangkan sisanya dari negara ini mayoritas Muslim.

Sidang Umum Dewan Gereja Dunia dan Aliansi Gereja-gereja Reformasi Dunia mendesak semua anggota untuk "mendukung Papua dalam perjuangan mereka untuk keadilan dan perdamaian."

investasi Australia di Papua termasuk tambang raksasa Freeport, tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar. Lingkungan dan orang-orang Papua protes terhadap operasi Freeport.

Share this article :

1 comment:

  1. TUhan tidak tutup mata atas rakyat Papua or tanah Papua.
    Kita akan lihat dalam beberapa waktu ke depan seluruh dunia akan berbicara akan berteriak " PAPUA HARUS LEPAS DARI NKRI " we are not one, we are so different, our culture etc.
    Tuhan sedang bekerja dengan cara-Nya.
    Mari kita saksikan apa yang Ia rencanakan buat bangsa kita.

    Papua go freedom

    Salam juang

    ReplyDelete

Your Comment Here

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger