SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , » Pangdam: TNI Masih Langgar HAM

Pangdam: TNI Masih Langgar HAM

Written By Voice Of Baptist Papua on March 19, 2011 | 11:00 AM


INILAH.COM, Jayapura - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Erfi Triassunu mengatakan sepanjang tahun 2010 masih ditemukan kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap warga sipil yang dilakukan oleh oknum anggota TNI.

Namun menurut dia, pelanggaran HAM yang dilakukan oleh oknum TNI itu belum dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM berat.

"Proses pelanggaran yang dilakukan oknum anggota TNI, boleh dikatakan pelanggaran HAM belum sampai berat, meskipun terkadang oleh sebagian pihak menyatakan pelanggaran berat," ujarnya di Jayapura.

Dia katakan, setiap adanya pelanggaran HAM oleh prajurit, dirinya selalu menekankan diproses secara hukum, dan pihaknya juga sudah dua kali melakukan pengadilan di oditur militer dan mendapat putusan hukuman.
Pangdam Erfi Triassunu menjelaskan, anggota TNI yang melakukan pelanggaran telah ditindak sesuai dengan hukum dan dalam waktu dekat pihaknya akan kembali menggelar sidang di Pengadilan Militer Jayapura, untuk anggota TNI yang telah melakukan penganiayaan terhadap salah seorang Pendeta berinisial FG yang terjadi pada akhir 2010 lalu di Nabire.

"TNI tidak ada pembiaran, kita tindak tegas siapa yang bersalah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Kemudian saya menekankan kembali dengan tidak ada lagi arogansi prajurit itu membuat kebencian dan ketakutan masyarakat," tegasnya.

Ia menambahkan, dalam persidangan oknum anggota TNI tersebut, pihaknya akan mengundang beberapa tokoh adat, agama dan masyarakat setempat untuk dapat melihat langsung proses persidangan yang sudah dilaksanakan di jajaran TNI khususnya di Papua.

"Supaya ada transparansi dan masyarakat dapat melihat keseriusan TNI dalam menindak tegas anak buahnya yang berbuat salah," sambung Pangdam Erfi Triassunu. [ant]
sumber, inilah.com
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger