SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , , , , » Pdt. Yoman: Orang Papua Harus Percaya Diri Memperjuangkan Nasionalismenya

Pdt. Yoman: Orang Papua Harus Percaya Diri Memperjuangkan Nasionalismenya

Written By Voice Of Baptist Papua on September 11, 2012 | 10:28 PM

Rev. Socratez Sofyan Yoman (Photo Dok/pgbp)
Jayapura Voice-Baptis – Keberadaan masyarakat papua di saat ini dan apa yang dilakukan orang Papua adalah demi  memperjuangkan dan memepertahankan nasionalisme Papua.  Tetapi, perlahan dikikis dan di bungkam.  Maka, orang Papua , khususnya anak muda Papua harus percaya diri dan percaya pada apa yang telah dipunyai. Lebih baik kita meminum dari sumur kita sendiri (seperti judul buku yang ditulisnya).

Demikian disampaikan Ketua Umum Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua (PGBP), Pdt Socrates Sofyan Yoman pada Seminar dan Pembekalan pemuda Betel, Gereja Kemah Injil Papua Jemaat Betel Waena, Jumat, (7/9) lalu.

Socratez mengatakan, orang Papua saat ini harus  mengelola apa yang ada pada dirinya dan lingkungannya.  “Saya tulis buku berjudul “Kita Meminum Air dari Sumur Kita Sendiri” untuk memberikan kesadaran kepada orang  Papua agar megelola apa yang telah menjadi identitas orang asli Papua baik dair diri sendri maupun suku, keluarga dan bangsa Papua ini,” kata dia.

“Buku ini mengajak kita juga untuk tidak menerima ideologi orang lain, sejarah orang lain, dan kita mesti belajar dari bangsa kita dan membangun kesadaran.  Kita suatu bangsa yang cukup lama mengalami pendekatan kekerasan yang amat kejam,” jelas Yoman.

Dia tegaskan jangan pernah bermimpih untuk di bangun oleh suku bangsa lain, harus orang papua bekerja dan jalani apa yang Tuhan berikan pada orang papua. kita tidak bisa menunggu di ruang tunggu harus bertindak dan melakukan apa yang bisa kita lakukan", terang Yoman.

Yoman menjelaskan, selama ini,  sebagian orang luar  salah menilai kita. Padahal,  barometer kami sudah jelas untuk memperjuangkan dan memepertahankan nasionalisme ke-Papua-an yang disimbolkan sumur kita yang perlahan dikikis oleh arusnya peradaban dunia.

Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Recent Posts

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger