SUARA BAPTIS PAPUA

Dukung Aksi Perdamaian Atas Kekerasan di Papua Barat.
Jika Anda Peduli atas kemanusiaan Kaum tertindas di Papua barat Mohon Suport di sini:

Please donate to the Free West Papua Campaign U.K.
Kontribusi anda akan kami melihat ada perubahan terhadap cita-cita rakyat papua barat demi kebebasan dan kemerdekaannya.
Peace ( by Voice of Baptist Papua)

Home » , , , , , , » Benny Wenda Forum Olso Freedom, Membawa isu-isu kemanusiaan West Papua ke puncak agenda global

Benny Wenda Forum Olso Freedom, Membawa isu-isu kemanusiaan West Papua ke puncak agenda global

Written By Voice Of Baptist Papua on May 21, 2012 | 7:27 PM

Forum Kebebasan Berusaha Untuk:
  •      Membawa isu-isu kemanusiaan ke puncak agenda global
  •      Memberikan pengaturan untuk membuka mata presentasi
  •      Sorot cerita pembela hak asasi manusia
  •      Mendorong inspirasi dan pertukaran ide
  •      Fokus pada masyarakat tertutup yang membutuhkan paparan
  •      Tumbuh dan memberdayakan komunitas internasional 
Benny Wenda adalah Pemimpin Suku Besar Papua Barat dan pembela hak asasi manusia dan kebebasan-kebebasan orang Papua Barat. Seorang tokoh terkemuka dalam gerakan kemerdekaan di wilayah ini, ia menjabat sebagai wakil khusus untuk kedua Parlemen Inggris dan PBB. Dia ditahan pada tahun 2002 oleh pemerintah Indonesia atas tuduhan menghasut kekerasan dan pembakaran, tapi melarikan diri selama persidangan dan diberikan suaka politik di Inggris. Setelah tiba di Inggris, Wenda mendirikan Kampanye Papua Merdeka Barat untuk menyebarkan kesadaran tentang situasi hak asasi manusia di Papua Barat.

Wenda adalah pendiri Pengacara Internasional untuk Papua Barat (ILWP) dan anggota Parlemen Internasional untuk Papua Barat (IPWP). Tumbuh di dataran tinggi terpencil di Papua Barat, Nugini, Wenda dan keluarganya menghabiskan lima tahun bersembunyi di hutan setelah militer Indonesia pembantaian kekerasan menguasai tanah airnya pada tahun 1977. Pada tahun 1983, setelah sebagian besar masyarakat mereka kembali untuk tinggal di bawah pemerintahan Indonesia, orang tuanya memutuskan untuk kembali sehingga anak-anak mereka bisa bersekolah.


Setelah lulus dari universitas, Wenda menjadi Sekretaris Jenderal Majelis Adat Koteka. Wenda memprotes penindasan hak-hak orang Papua Barat atas kebebasan berekspresi dan berkumpul dan berbicara menentang penahanan individu untuk mengambil bagian dalam demonstrasi tanpa kekerasan dan mengungkapkan pendapat mereka.

Sebagai hasil dari keunggulan mulai berkembang, Wenda menjadi sasaran pengawasan yang lebih tinggi oleh pemerintah Indonesia pendudukan. Pada tahun 2002, ia ditangkap dan dituduh menghasut kekerasan dan pembakaran, rumahnya digeledah tanpa surat perintah, dan pihak berwenang menolak untuk memberitahukan kepadanya tentang tuntutan terhadapnya. Ia disiksa oleh polisi dan ditahan di sel isolasi selama beberapa bulan. Selama persidangan, Wenda secara fisik diserang beberapa kali oleh penjaga penjara. Khawatir bahwa ia tidak akan diberi pengadilan yang adil dan bahwa ia bisa terbunuh sebelum keputusan itu diberikan, Wenda lolos dan melarikan diri ke wilayah tetangga Papua New Guinea.

Dia diberikan suaka politik dengan keluarganya di Inggris, di mana ia meluncurkan kampanye Barat Papua Merdeka, yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang situasi hak asasi manusia di Papua Barat dan mempromosikan hak-hak dasar dan penentuan nasib sendiri bagi Papua Barat melalui pengembangan masyarakat sipil . Kampanye ini bekerja untuk mengekspos pelanggaran HAM yang terjadi di bawah pemerintahan Indonesia, karena semua media asing dan organisasi internasional yang paling dilarang di Papua Barat.
Share this article :

0 Komentar Anda:

Post a Comment

Your Comment Here

Twitt VBPapua

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SBP-News @VBaptistPapua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger